Dengan mendaftar dan menggunakan layanan dari Renaja, Pengguna berarti telah membaca dan menyetujui untuk taat dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Renaja sebagaimana diuraikan di bawah ini. Jika Pengguna melanggar perjanjian yang telah ditetapkan oleh Renaja, Renaja berhak untuk membatasi atau bahkan menolak segala bentuk aktivitas yang hendak Pengguna lakukan di Renaja. Jika Pengguna tidak menyetujui syarat dan ketentuan ini, maka Pengguna diminta untuk tidak menggunakan layanan yang disediakan Renaja. Renaja akan terus mengembangkan layanannya yang akan berdampak pada perubahan kesepakatan perjanjian yang dituliskan dalam syarat dan ketentuan. Untuk itu, Renaja berhak untuk melakukan perubahan sewaktu-waktu terhadap syarat dan ketentuan penggunaan Renaja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu, Pengguna diharapkan untuk terus memperhatikan berbagai informasi dari Renaja. Segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam periode tertentu diatur oleh syarat dan ketentuan yang berlaku pada masa aktivitas itu dilakukan oleh Pengguna.
i. Akun keanggotaan
Semua transaksi di Renaja wajib menggunakan rekening bersama Renaja demi menjaga keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Pengguna dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pengguna lainnya. Pengguna harus melakukan registrasi dengan memberikan data yang akurat, lengkap, terbaru, dan senantiasa memperbarui setiap perubahan pada data tersebut kepada admin Renaja. Renaja berhak untuk menghentikan keanggotaan dan menolak suap permintaan layanan jika tidak memberikan data sesuai Syarat dan Ketentuan. Renaja juga berhak menghentikan keanggotaan akun yang dibuat secara massal untuk diperjualbelikan. Apabila ada kegiatan yang tidak benar terjadi dalam akun Pengguna, maka hal itu adalah tanggung jawab Pengguna secara penuh. Renaja memiliki hak untuk menyelidiki, menghapus, atau menahan informasi Pengguna, tanpa atau dengan pemberitahuan ke Pengguna. Renaja tidak bertanggung jawab jika menerima berbagai bentuk penyalahgunaan username dan password Pengguna oleh pihak ketiga baik untuk melakukan transaksi ataupun aktivitas lainnya. Pengguna yang sudah terdaftar di Renaja dapat bertindak sebagai :
- Pemilik Barang : Pengguna yang menyewakan & / menjual barangnya di Renaja. Pemilik barang disebut Renator.
a. Renator individual ( perorangan )
b. Renator perusahaan ( badan usaha )
- Pemakai Barang : Pengguna yang menyewa & / membeli barang di Renaja. Yang selanjutnya disebut dengan RenBuddy.
a. RenBuddy individual ( perorangan )
b. RenBuddy perusahaan ( badan usaha )
Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan alat dan/atau fitur otomatis yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada proses jual, beli, ataupun sewa di Renaja, termasuk namun tidak terbatas pada (i) manipulasi data Shop, (ii) melakukan perambahan (crawling), (iii) transaksi jual beli otomatis, (iv) automasi promosi.
Renaja memiliki kewenangan mengambil-alih username Pengguna jika akun Pengguna sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun. Renaja berhak menon-aktifkan akun Pengguna jika Pengguna tersebut melakukan pelanggaran pada syarat dan ketentuan yang berlaku, terindikasi melakukan penipuan, atau hal-hal lain menurut penilaian sepihak Tim Renaja.
ii. Informasi Barang
Dalam melakukan aktivitas pengunggahan barang, Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa barang tersebut adalah milik Penjual ataupun Pemilik Barang tersebut, yang artinya ia memiliki kewenangan penuh atas barangnya dan menyetujui untuk dikelola bersama Renaja.
Penjual atau pemilik barang harus memberikan semua informasi yang sebenar-benarnya terkait dengan barang yang diunggah melalui situs web dan sosial media lainnya milik Renaja. Hal ini untuk menghindari berbagai ketidaksesuaian ekspektasi Pembeli atau Penyewa terhadap barang yang Penjual atau Pemilik Barang tawarkan. Penjual atau Pemilik Barang harus menawarkan kondisi barang bekas berkualitas yang layak sewa ataupun jual serta memberikan deskripsi yang sesuai dengan keadaan asli barang yang disewakan/dijual. Penjual atau Pemilik Barang tidak diperkenankan untuk menggunakan konten informasi yang menyinggung SARA, mengandung unsur pornografi, pelecehan seksual, dan yang bersifat mengancam. Selain itu, Renaja berhak menolak barang yang dirasa tidak sesuai dengan norma hukum dan kesusilaan yang berlaku di Indonesia.
iii. Merek
(–masuk ke phase development berikutnya jika sudah ada biz process verifikasi di system) :
Renaja hanya memperbolehkan Penjual atau Pemilik Barang untuk menjual dan/atau menyewakan Barang dengan Merek yang telah diverifikasi oleh Tim Renaja. Jika Merek belum diverifikasi, Penjual atau Pemilik Barang bisa meminta penambahan Merek. Namun, Renaja berhak menolak jika Merek tersebut di luar cakupan Renaja.Barang yang tidak memiliki merek bisa memilih pilihan merek “Tanpa Merek”. Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab atas ketentuan merek, hak cipta, dan hak kekayaan intelektual lain yang dimiliki pihak ketiga. Jika pihak ketiga melakukan penuntutan atas pelanggaran hak-hak tersebut selama berjualan dan/atau menyewakan di Renaja, maka tuntutan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang. Penjual atau Pemilik Barang juga berkewajiban membebaskan Renaja apabila terjadi tuntutan pihak ketiga yang diajukan kepada Renaja akibat penyalahgunaan Merek tersebut.
Untuk 2022 pakai ini
Renaja berhak mengevaluasi semua barang & merk yang didaftarkan untuk transaksi di Renaja, baik sewa maupun penjualan. Jika ditemukan barang yang tidak sesuai dengan yang dideskripsikan/ difoto/ ditampilkan, dll, maka Renaja berhak untuk menghapus dan memberikan peringatan keras kepada Renator.
Namun, Renaja berhak menolak jika Merek tersebut di luar cakupan Renaja. Barang yang tidak memiliki merek bisa memilih pilihan merek “Tanpa Merek”. Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab atas ketentuan merek, hak cipta, dan hak kekayaan intelektual lain yang dimiliki pihak ketiga. Jika pihak ketiga ataupun pihak-pihak lainnya melakukan penuntutan atas pelanggaran hak-hak tersebut selama atau sesudah berjualan dan/atau menyewakan di Renaja, maka tuntutan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang. Penjual atau Pemilik Barang juga berkewajiban membebaskan Renaja terhadap segala resiko yang timbul apabila terjadi tuntutan pihak ketiga yang diajukan kepada Renaja akibat penyalahgunaan Merek tersebut dan Renaja dibebaskan dari segala tanggung jawab dan tututan dari Pihak lainnya maupun dari Pihak yang berwajib. Renaja juga akan dibebaskan atas semua tuntutan untuk mengeluarkan informasi menyangkut Penjual atau Pemilik Barang yang bersangkutan.
iv. Harga
Penjual atau Pemilik Barang hanya dapat menetapkan harga dalam Rupiah (Rp). Penjual atau Pemilik Barang dilarang memanipulasi harga barang dan mengubah harga barang setelah Pembeli atau Penyewa menekan tombol pemesanan dan atau melakukan pembayaran. Renaja memiliki data harga sebelum dan sesudah Pembeli atau Penyewa melakukan pemesanan.
v. Komisi
Renaja akan mengambil komisi sebesar 20% dari harga sewa / jual produk yang tercantum di situs Renaja. Tidak termasuk biaya transportasi dan uang jaminan.
Vi. Penentuan harga sewa dan atau harga jual produk Renator
Renator berhak sepenuhnya dan bertanggungjawab untuk menentukan harga sewa atau jual produknya.
Vii. Ketersediaan Barang
Penjual atau Pemilik Barang diwajibkan untuk terus memperbarui informasi kepada Renaja tentang ketersediaan barang untuk menghindari adanya pengembalian uang dan kekecewaan Pembeli atau Penyewa (RenBuddy). Renaja berhak menegur Renator jika terjadi keluhan RenBuddy terhadap pembatalan pesanan yang diakibatkan tidak terupdatenya ketersediaan barang.
Viii. Pengelolaan Barang dan protokol Covid-19
Penjual atau Pemilik Barang bertanggung jawab terhadap barang yang dijual atau disewakan mulai dari kualitas persiapan barang termasuk di dalamnya kualitas sterilisasi barang terkait pandemi Covid 19 hingga proses pengiriman barang tersebut sesuai dengan pilihan servis yang dipilih melalui Renaja. Pilihan servis tersebut mencakup pengepakan, pembersihan dan sterilisasi barang hingga gudang penampungan. Renaja berperan sebagai perantara bagi kedua belah pihak yaitu sebagai mediator penjualan &/ penyewaan termasuk didalamnya proses transaksi pembayaran sesuai dengan pilihan servis Renaja yang dipilih oleh Penjual atau Pemilik Barang.
ix. Pengelolaan Dana Hasil Transaksi Jual-Beli
- Hasil Penjualan net setelah dipotong komisi untuk Renaja, akan ditransfer oleh Renaja ke dalam saldo rekening penjual barang di Renaja, pada saat :
1.1. Status barang sudah berubah menjadi "Diterima" oleh pembeli dan
1.2. Pembeli juga telah memberikan review untuk barang yang diterima tsb paling lambat 2 hari setelah barang diterima dengan review Bagus & tidak ada komplain.
- Pengguna jasa Renaja perlu memperhatikan bahwa Renaja tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang dimasukkan oleh Pengguna atau keteledoran Pengguna.
XENDIT
Renbuddy- transfer melalui Xendit ke Renaja- Renaja ke Renator secara nett – to be revised as per current flow
- Renaja tetap dapat melakukan pembayaran hasil penjualan point 1 diatas, jika Pembeli tidak melakukan review setelah 2 x 24 jam dari barang diterima maka pesanan akan selesai otomatis. Jika pembeli tidak melakukan review, maka Renaja tetap berhak menyelesaikan transaksi dengan melakukan pembayaran ke Renator, dalam waktu 2 x 24 jam sejak barang diterima pembeli. Pembeli tidak berhak menuntut pengembalian dana jika ada review susulan yang tidak sesuai.
– to be reviewed utk perpendekan kalimat
x. Pengelolaan Dana Hasil Transaksi Sewa
- Penyewa wajib membayarkan dana deposit sewa, pada waktu yang bersamaan dengan pembayaran harga sewa sebelum pengiriman barang dilakukan. Dana deposit akan disimpan di Renaja sebagai dana jaminan hingga kondisi barang yang akan dikembalikan ke penyewa kembali dalam keadaan baik sesuai dengan kondisi barang saat awal peminjaman untuk melindungi pemilik barang jika terjadi sesuatu hal/ komplain dari pemilik barang.
- Hasil sewa-menyewa yang akan diterima oleh Pemilik Barang (Renator) adalah sesuai Jumlah yang dibayarkan oleh Penyewa / Pembeli (Renbuddy) yaitu sejumlah harga sewa per periode setelah dikurangi komisi Renaja, biaya transportasi, biaya asuransi (jika ada), serta biaya protokol Covid-19 (jika ada).Simulasi Hasil perhitungan (Contoh:)
Hasil sewa menyewa net diatas akan ditransfer oleh Renaja ke dalam saldo rekening pemilik barang di Renaja, pada saat :
- Status barang sudah berubah menjadi "Diterima kembali" oleh pemilik barang dan
- Pemilik barang juga telah memberikan review untuk barang yang diterima tsb paling lambat 1x24 jam setelah barang diterima dengan review Bagus & tidak ada komplain pengurangan nilai barang dari saat barang disewakan.
- Renaja tetap dapat melakukan pengembalian dana deposit sesuai dengan point 3 diatas. Jika pemilik barang (Renator) tidak melakukan review setelah 1 x 24 jam dari barang diterima, Renator tidak berhak menuntut pengembalian dana deposit jika ada review susulan yang tidak sesuai atau yang disebabkan oleh hal lainnya.
- Pengguna jasa Renaja (Renator dan/atau RenBuddy) perlu memperhatikan bahwa Renaja tidak bertanggung jawab atas kesalahan nomor rekening yang dimasukkan oleh Pengguna dengan alasan apapun juga.
- Deposit akan dikembalikan kepada Penyewa sesuai dengan kesepakatan antara Penyewa dan Pemilik barang jika Pemilik Barang mengkonfirmasi bahwa barang dikembalikan dalam kondisi yang sesuai dengan kondisi awal saat disewa oleh Penyewa tsb dan dalam batas waktu yang ditentukan di Renaja lebih buruk dari seharusnya selama masih dalam batas Waktu Jaminan Renaja.
- Jika Penyewa gagal mengembalikan barang sesuai dengan batas waktu yang ditentukan (paling lambat 1 x 24 jam sejak tanggal berakhirnya sewa), maka Penyewa akan dikenakan sanksi berupa denda yang disesuaikan dengan harga sewa per periode. Denda tersebut akan langsung diambil dari deposit yang telah dibayar sebelumnya. Penyewa mendapatkan waktu 3x24 jam untuk mengembalikan barang , jika tidak, maka seluruh deposit hangus dan diserahkan ke Pemilik Barang oleh Renaja, dan penyewa tetap berkewajiban sepenuhnya mengembalikan barang sesuai kondisi awal sewa ke Penyewa. Jika Penyewa gagal mengkonfirmasi hingga batas waktu tambahan, maka identitas Penyewa berhak kami lepas ke Pemilik Barang. Maka dengan sendirinya Penyewa tidak berhak lagi terhadap pengembalian dana depositnya, dan seluruh dana deposit akan diserahkan ke Pemilik Barang oleh Renaja.
xi. Prosedur Transaksi Sewa:
- Pemilik Barang wajib melakukan konfirmasi ke Renaja, bahwa barang tersedia untuk ditransaksikan, terhadap setiap notifikasi request transaksi dari Penyewa atau Pembeli yang dilakukan melalui Renaja.
- Setelah Renaja menerima pembayaran dari Penyewa dan memberitahukannya kepada Pemilik Barang, maka sesuai pilihan transportasi Penyewa yang tersedia di Renaja
- Pemilik Barang wajib menginformasikan ke Renaja saat status barang sudah "Dikirim", yaitu pada saat penjemputan Barang oleh pihak transportasi yang telah diatur oleh Renaja. Konfirmasi pengiriman dilakukan melalui aplikasi / whatsapp admin Renaja dengan mengunggah foto saat pengambilan barang oleh perusahaan logistik (pengiriman barang) yang digunakan.
- Pemilik Barang wajib menginformasikan jika ada ketidakmampuan untuk menyediakan barang karena berbagai alasan seperti stok habis, dan sebagainya.
- Pemilik Barang wajib menyiapkan barang sewaan untuk dijemput oleh logistik yang disepakati sesuai tanggal dan waktu yang telah ditentukan sesuai kesepakatan bersama antara Renaja dan Renator. Ketidaksiapan barang terhadap tanggal dan waktu yang disepakati saat penjemputan barang, Renator bertanggung jawab sepenuhnya atas semua biaya yang diakibatkan dan Renaja berhak sepenuhnya membatalkan pemesanan untuk dialihkan ke Renator yang lain. Ketidaksiapan barang terhadap tanggal dan waktu yang disepakati saat penjemputan barang tersebut yang mengakibatkan keterlambatan penerimaan barang oleh Penyewa sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemilik Barang dan di luar tanggung jawab Renaja.
- Penyewa wajib mengembalikan barang sewaan sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan, maka Penyewa Barang wajib mengirimkan pesanan agar status transaksi akan berubah menjadi "Dikirim".
- Pemilik Barang menyetujui bahwa Renaja akan menahan transaksi pembayaran kepada Pemilik Barang sesuai pasal X ayat 2 di atas
- Pemilik Barang dan Penyewa menyetujui untuk taat atas setiap keputusan akhir yang diambil oleh Renaja bilamana terjadi konflik dalam proses transaksi sewa.
- Jika Pemilik Barang dan Penyewa tidak sepaham dalam proses pengembalian barang maka kebijakan Renaja akan menjadi keputusan akhir.
xii. Prosedur Transaksi Jual beli
xi. Pemahaman Informasi Produk.
Pembeli atau Penyewa wajib membaca, memahami, dan menyetujui setiap informasi terkait barang yang dijual di Renaja sebelum melakukan pembelian dan/atau penyewaan. Renaja tidak bertanggung jawab atas keluhan yang timbul akibat kelalaian Pembeli atau Penyewa dalam membaca dan memahami informasi tersebut.
1. Pembeli atau Penyewa memahami bahwa warna asli dari barang bisa saja berubah tergantung resolusi pada layar telepon seluler atau komputer yang digunakan dalam mengakses Renaja. Selain itu, pengambilan gambar yang kurang tajam oleh Penjual atau Pemilik Barang juga akan mempengaruhi tampilan warna barang.
2. Barang yang memiliki aturan ijin / surat resmi kepemilikan & / penggunaan khusus berada di luar tanggung jawab Renaja.
3. Pembeli atau Penyewa memahami bahwa ketersediaan barang dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab Penjual atau Pemilik Barang. Apabila Pembeli atau Penyewa sudah melakukan pembayaran sedangkan barang yang dipesan tidak tersedia, maka Renaja akan melakukan pengembalian uang kepada Penyewa / Pembeli.
xii. Pembayaran
- Pembeli atau Penyewa hanya dapat melakukan pembayaran lewat layanan pembayaran yang disediakan Renaja.
- Nilai pembayaran harus dilakukan sesuai dengan jumlah yang tertera di perintah pembayaran. Jika nilai transaksi yang diterima oleh Renaja tidak sesuai, maka Renaja berhak untuk menolak pembayaran.
- Renaja menggunakan sistem kode unik untuk metode pembayaran transfer untuk mempercepat verifikasi pembayaran. Kode unik tersebut adalah biaya administrasi transaksi di Renaja dan tidak dikembalikan kepada pihak Pembeli atau Penyewa kecuali transaksi dinyatakan gagal.
- Untuk setiap kelebihan uang yang dikirimkan ke sistem, Renaja tidak dapat mengembalikan uang tersebut dalam bentuk semula. Renaja akan mengganti nilai tersebut menjadi Renaja Balance.
- Segala bentuk keterlambatan pembayaran dan biaya tambahan yang timbul akibat masalah perbedaan bank yang digunakan oleh kedua belah pihak (Pembeli atau Penyewa dan Renaja) merupakan tanggung jawab Pembeli atau Penyewa.
- Pembeli atau Penyewa wajib melakukan transaksi pembayaran dalam jangka waktu 30 menit setelah melakukan pemesanan barang di Renaja dan mengirimkan bukti pembayarannya kepada pihak Renaja. Jika tidak, Renaja akan membatalkan pesanan tersebut secara otomatis.
- Pembeli atau Penyewa wajib melakukan konfirmasi penerimaan barang dengan cara memberikan review kepada Penjual atau Pemilik Barang paling lambat 1 hari (1x24 jam)